Google dan Microsoft, Tambahkan Fitur Anti Pencurian





Dalam rangka mengurangi angka pencurian ponsel, Google dan Microsoft menambahkan fitur mati otomatis untuk Android dan Windows. Fitur itu mematikan sistem operasi ponsel sepenuhnya bila dicuri.

Mengutip BBC, pihak berwenang sudah memperingatkan perusahaan pengembang untuk mengambil sikap mengenai aksi pencurian ponsel, dan fitur ini dianggap sebagai solusi ideal. Perusahaan pengembang ponsel Samsung dan Apple sudah memiliki fitur yang serupa di beberapa produk mereka.

Pencurian ponsel telah menjadi masalah besar yang mendunia. Di Amerika Serikat, 3,1 juta ponsel dicuri sepanjang 2013, dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Laporan dari kejaksaan agung kota New York menyatakan, “Teknologi ini mengubah perangkat multimedia canggih berdaya jual tinggi menjadi barang plastik yang tak berharga.” Pihak berwenang di AS melaporkan fitur serupa yang diperkenalkan Apple untuk sistem operas iOS 7 berhasil mengurangi angka pencurian ponsel dengan drastis.

Enam bulan setelah fitur itu diperkenalkan, angka pencurian perangkat ponsel Apple di London menurun sebesar 24%. Berdasarkan laporan dari kejaksaan agung New York, di periode yang sama angka pencurian produk ponsel lain meningkat.

Sumber : Republika